Skip to content

Dampak Globalisasi

Juli 11, 2011


Secara definisi, globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia  melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit (Wikipedia.com).

Sedangkan Negara berkembang adalah sebuah negara dengan rata-rata pendapatan yang rendah, infrastruktur yang relatif terbelakang, dan indeks perkembangan manusia yang kurang dibandingkan dengan norma global. Istilah ini mulai menyingkirkan Dunia Ketiga, sebuah istilah yang digunakan pada masa Perang Dingin. (Wikipedia.com).

Berbicara tentang fakta saat ini, proses globalisasi terjadi begitu cepat, perubahan yang terjadi saat ini di Amerika, sudah bisa kita saksikan juga di belahan dunia lain. Globalisasi telah menuntut warga dunia, untuk terus dinamis, menciptakan suatu sistem monokultural, dan dituntut seragam.

Proses Globalisasi yang terjadi tersebut, tidak diikuti dengan perataan tingkat kesejahteraan Negara. Negara Adidaya mungkin dengan mudahnya, mengeksplorasi berbagai hal, yang tidak bisa diikuti dengan baik oleh Negara-negara berkembang, yang secara Ekonomi, Infrastruktur dan pembangunan bangsa masih minim atau rendah dibandingkan Negara-negara maju. Sehingga munculnya teori Moderenisasi, yaitu dimana Negara-negara terbelakang meniru Negara industri maju. Inilah yang pada akhirnya, hanya mencpitakan istilah westrenisasi di Negara-negara berkembang. Kehidupan masyarakat Negara- Negara maju, akan selalu diikuti masyarakat Negara berkembang. Pada akhirnya semakin meningkatnya tingkat komsumsi di Negara-negara berkembang dan menjadi lahan pasar yang menggiurkan bagi Negara-negara Industri Maju. Kita lihat saja keadaannya saat ini, segala bentuk gadget dan produk teknologi adalah hasil Impor dari Negara-negara industri maju. Mereka bahkan berlomba-lomba menarik hati calon pelanggannya.

Segala hal tentu saja harus kita sikapi dengan bijak, sebetulnya adapula manfaat dan pelajaran dari dampak globalisasi ini. Setidaknya dengan Globalisasi ini, tingkat kompetensi kehidupan menjadi semakin mengingkat, maka tentu saja masyarakat saat ini, harus berlomba untuk memiliki kompetensi yang lebih dibandingkan orang lain,kita harus memiliki etos kerja yang baik, memiliki daya juang yang lebih, dan orang yang berleha-leha adalah orang yang akan menjadi korban Globalisasi. Terlebih dengan hal tersebut, kita bisa meningkatkan kesejahteraan kehidupan.

 Oleh karena itu kitapun harus memiliki bekal untuk menghadapi kehidupan global saat ini, Membentuk diri kita menjadi masyarakat yang dalam teknisnya, Think Global Act Local, yang artinya bahwa, segala bentuk Globalisasi kita aplikasikan dalam nilai-nilai kearifan lokal kita, sehingga kita akan lebih arif dalam menyikapi berbegai hal yang terjadi segala global, karena kita akan melihat hal tersebut, dari perspektif nilai-nilai tradisional yang kita anut.
walahu ‘alam bisahawab

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: