Skip to content

Hilang : Antara ERK, 98 dan buku Zaman Edan

Januari 3, 2012

Tanpa sengaja, saya baru mendengar lagu terbaru Efek Rumah Kaca yang berjudul Hilang diatas. Sebuah lagu yang mengingatkan saya kembali pada buku yang tepat satu bulan yang lalu saya pinjam dari perpustakaan, judulnya Zaman Edan, buku yang ditulis oleh seorang Jurnalis The Times, Parry Lloyd Richard. Seorang wartawan asing yang sempat menyaksikan beberapa peristiwa berentet terburuk bangsa Indonesia di akhir abad 20.
“Perisitiwa Madura dan Dayak, Perisitiwa 98 dan lepasnya pulau buaya yaitu Timor-Timor”
Satu catatan dia yang menarik untuk saya garis bawahi dan semakin mendalam untuk saya pahami dan baca tentang peritiwa 98. Saat itu umur saya genap 6 Tahun, tepatnya kelas 2 SD. Tidak ada yang begitu menarik bagi bocah seperti saya saat itu, yang jelas ketika saat itu Indonesia sedang sangat bergejolak. Diawali oleh penculikan beberapa aktivis, hingga puncaknya krisis ekonomi menjadi titik balik tergulingnya Soeharto dari tampuk kekuasaan.
Bukan hanya hilangnya 13 orang aktivis, tapi puluhan lainnya di tembak ketika menggelar aksi, ratusan lainnya luka parah bahkan beberapa aktivis mahasiswi mendapat pelecehan seksual dari Polisi Wanita saat itu.
Mudah-mudahan kita bisa belajar dari perisitiwa 98.
“Dedy Hamdun HILANG Mei 1997
Ismail HILANG Mei 1997
Hermawan Hendrawan HILANG Maret 1998
Hendra Hambali HILANG Mei 1998
M Yusuf HILANG Mei 1997
Nova Al Katiri HILANG Mei 1997
Petrus Bima Anugrah HILANG Maret 1998
Sony HILANG April 1997
Suyat HILANG Februari 1997
Ucok Munandar Siahaan HILANG Mei 1998
Yadin Muhidin HILANG Mei 1998
Yani Afri HILANG April 1997
Wiji Tukul HILANG Mei 1998”

No comments yet

Tinggalkan Balasan

